Let’s travel together.

8 Jajanan Khas Jawa Tengah Yang Legendaris

18

Jajanan khas Jawa Tengah-setiap daerah pasti memiliki kuliner khas nya masing-masing. Tak terkecuali  di Jawa Tengah, yang memiliki bermacam-macam kuliner khas yang legendaris. Kuliner khas yang ada di Jawa Tengah juga beraneka macam bentuknya, mulai dari makanan berat hingga  jajanan khas Jawa Tengah  yang tak kalah dari kuliner-kuliner daerah lain.

Tapi karena semakin berkembangnya teknologi dan modernisasi maka jajanan khas Jawa Tengah yang sangat legendaris pada zamanya, justru kini sudah mulai punah dan ditinggalkan oleh sebagian besar masyarakat. Namun meskipun begitu kelezatan dari jajanan khas Jawa Tengah tak mudah di gantikan oleh kue-kue modern sekarang, buktinya tak sedikit penggemar dari jajanan khas Jawa Tengah yang masih terus mencarinya hingga saat ini. Bahkan bisa di bilang jajanan khas Jawa Tengah yang legendaris itu masih eksis sampai sekarang. Berikut Aneka Jajanan Khas Jawa Tengah Yang Legendaris.

klepon

Jajanan khas Jawa TengahKlepon termasuk dalam jajanan khas Jawa Tengah yang biasanya dijual di pasar-pasar tradisional Jawa Tengah. Klepon adalah makanan yang berbahan dasar tepung ketan yang dicampur dengan santan dan kemudian diisi dengan gula merah lalu direbus. Klepon sendiri biasanya memiliki warna hijau muda dan disajikan dengan parutan kelapa yang telah dikukus. Selain itu klepon biasnya diletakkan ke dalam wadah daun pisang dan membuat aroma dari daun pisang menyatu dengan gurih dan legitnya klepon.

Gethuk Lindri

Jajanan khas Jawa TengahGethuk lindri merupakan jajanan Khas Jawa tengah yang terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela pohon. Cara pembuatanya juga hampir sama seperti pembuatan gethuk biasa, namun pada pada pembuatan gethuk lindri tekstur singkong lebih di lunakan lagi . yaitu singkong dikupas dan dibersihkan kemudian dikukus lalu digiling menggunakan alat penggiling, setelah itu baru singkong yang sudah lembut berubah menjadi lunak di beri tambahan gula dan pewarna. Gethuk lindri biasanya di hidangkan bersama taburan kelapa parut.

Semar Mendem

Jajanan khas Jawa Tengahsemar mendem merupakan masakan sejenis lemper, namun bedanya jika pada lemper di gunakan daun pisang sebagai pembalutnya sedangkan pada semar mendem di gunakan dadar telor atau crepe sebagai pembungkus. Karena dadar telor atau crepe dibuat dari campuran telor dan tepung terigu maka tekstur nya akan lebih padat. Dan untuk membuat Semar mendem sendiri sebaiknya memilih beras ketan yang kualitasnya bagus karena nantinya dapat mempengaruhi tingkat kepadatanya.

Putu Ayu

Jajanan khas Jawa Tengah-kue putu ayu termasuk dalam jajanan pasar yang sering dijual di pasar-pasar tradisional di Jawa Tengah sehingga orang lebih mengenalnya Jajanan Khas Jawa Tengah. Putu ayu merupakan kue basah yang memiliki rasa lembut dan manis. Kue putu ayu sendiri terbuat dari tepung yang diberi campuran telur, santan, gula pasir, serta pewarna (daun suji) dan disajikan bersama dengan kelapa parut yang gurih. Dan karena perpaduan warna hijau dari kue putu ayu dan putih dari kelapa serta bentuknya yang cantik maka kue ini sering dijuluki sebagai kue putri ayu.

Onde-Onde

Jajanan khas Jawa TengahOnde-Onde merupakan jajanan khas Jawa Tengah yang sering dijual di pasar sehingga termasuk jajanan pasar. Onde-onde berbahan dasar tepung terigu dan tepung ketan dan dibaluri dengan wijen lalu di goreng. Onde-onde khas Jawa Tengah sendiri memiliki dua varian yaitu onde-onde yang terbuat dari beras ketan dan diisi oleh pasta kacang hijau atau onde-onde yang terbuat adari tepung terigu yang tidak menggunakan isian didalamnya.

Nogosari

Jajanan khas Jawa Tengah-Nogosari merupakan sejinis kue bash yang termasuk jajanan pasar. Nogosari terbuat dari tepung terigu, tepung sagu, santan, yang diisi pisang dan dibungkus oleh daun pisang kemudian di kukus. Pada saat mengukus airnya ditambah dengan daun pandan supaya menambah aroma dari nogosari. Karena terbuat dari campuran tepung sagu dan tepung terigu maka nogosari biasnya akan bertekstur kenyal. Cita rasa nogosari yang memadukan gurih dari tepung dan manis dari pisang membuat ketagihan.

Arem-arem

 

Jajanan khas Jawa Tengah-arem-arem merupakan jajanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari nasi yang berisi sayuran dan di bungkus menggunakan daun pisang. Sekilas hampir menyerupai lemper namun arem-arem tidak menggunakan beras ketan dalam pembuatanya melainkan menggunakan beras biasa yang di rebus bersama santan sampai setengah matang. Arem-arem sendiri berukuran lebih besar dari lemper dan ukuranya justru hampir sama dengan ukuran lontong.

Lemper

Jajanan khas Jawa Tengalemper merupakan kue basah yang terbuat dari bahan dasar beras ketan yang dimasak bersama dengan santan. Dan di dalamnya diisi dengan abon sapi, abon ayam, atau srundeng yang terbuat dari kelapa parut yang di sangrai. Kemudian di bungkus mengunakan daun pisang. Rasa lemper gurih karena terdapat santan sebagai campuran merebus beras ketan.

Comments are closed.