Let’s travel together.

8 Jajanan Khas Banyumas Yang Paling Manis

0 30

Jajanan khas Banyumas-Banyumas adalah salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Tengah yang memiliki ibukota bernama Purwokerto. Banyumas juga dikenal dengan logat ngapak nya yang masih sangat kental, selain itu letaknya yang berbatasan dengan banyak Kabupaten lain di Jawa tengah mebuat Banyumas memeiliki banyak sekali wisata kuliner yang memadukan antar daerah.

Dan sebagai daerah yang terkenal dengan logat ngapaknya ,maka tak herah jajanan khas Banyumas juga sangat terkenal, khususnya jajanan khas Banyumas yang memiliki rasa manis. Hal ini karena jajanan yang memiliki rasa manis sangat di gemari oleh sebagian besar masyarakat Banyumas. Bahkan sebagian besar jajanan khas Banyumas memiliki rasa yang manis sebagai ciri khas dari Bnayumas.

Berikut 8 Jajanan khas Banyumas yang paling Manis:

Nopia

Jajanan khas BanyumasNopia merupakan salah satu jajanan khas Banyumas yang memliki rasa manis dan unik. Selain memiliki rasa yang manis dan unik cara pembuatan nopia juga tak kalah unik yaitu dengan cara di tempel di tungku khusus dengan suhu yang panas.  Tungku yang di gunakan juga tak kalah unik, karena menggunakan tungku tradisional  yang terbuat dari tanah liat yang berbentuk seperti sumur dangkal. Oleh karena itu pada bagian bawah nopia sering terlihat gosong kecoklatan. Nopia sendiri berbahan dasar tepung terigu dan diisi dengan guala merah atau berbagai varian rasa lainya.

Gethuk Goreng

Jajanan khas Banyumas selanjutnya adalah getuk goreng yang sangat terkenal di Banyumas. Gethuk goreng sebenarnya berbahan dasar sama seperti gethuk pada umumnya yaitu singkong, bedanya mulai pada proses pelumatan, singkong yang telah di kukus pada gethuk goreng menggunakan tambahan gula merah, sedangkan pada gethuk biasa tidak menggunakan gula merah. selanjutnya untuk gethuk biasa prosesnya selesai tinggal di taburi srundeng. Tapi pada gethuk goreng banyumas, gethuk yang sudah di lumatkan di bentuk kotak-kotak kecil dan digoreng. Selain itu aroma manis dari gethuk goreng banyumas membuat cita rasa khas tersendiri bagi penggemar.

Ciwel

Jajanan khas BanyumasCiwel adalah jajanan yang berbahan dasar singkong atau lebih tepatnya tepung singkong. Konon sih ciwel ini bagus untuk di konsumsi penderita maag kerena terbuat dari tepung singkong yang direndam dengan cairan rendaman jerami padi sehingga berubah sifat menjadi basa. Karena di padukan dengan parutan kelapa dan cairan gula merah maka ciwel ini memiliki cita rasa yang manis dengan perpaduan gurih dari parutan kelapa. Jika beli di pedagnag keliling ciwel ini biasanya disajikan secara lengkap bersama cenil dan lupis, namaun pembeli juga bisa request untuk memesan ciwel saja.

Cimplung

Jajanan khas Banyumascimplung merupakan jajanan khas Banyumas yang terbuat dari singkong yang di masak menggunakan gula merah atau air nira dalam proses pembuatan gula merah. Untuk itu dinamakan cimplung yang berasal dari kata cemplung dalam bahasa Jawa yang berarti masuk ke dalam air nira tersebut. Karena proses pembuatanya yang cukup sulit maka pembuatanya biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa membuat gula merah. Untuk proses pengolahanya yaitu singkong yang telah di kupas dan di bersihkan direbus dengan rebusan air nira kelapa atau biasa disebut badeg. Untuk itu rasa manis yang di hasilkan juga sangat alami dari air nira tersebut.

Intil

Jajanan khas Banyumas-Intil merupakan jajanan khas Banyumas yang berbahan dasar singkong. Jika tahu jalabia (jajanan khas Banyumas) maka pembuatan intil dan jalabia hampir sama, hanya saja pada intil menggunakan singkong yang di parut dengan tekstur yang lebih halus di bandingkan dengan jalabia. Dan kemudina hasil parutan singkong tersebut di peras dan di campur dengan gula jawa serta bumbu-bumbu. Dan singkong siap di kukus sampai matang hingga berubah menjadi intil. Dan di sajikan dengan parutan kelapa di atasnya. Karbonhidrat yang di hasilkan singkong membuat intil dapat di gunakan sebagai pengganti nasi meskipun rasa intil terkesan manis.

Cenil

Jajanan khas Banyumas-Cenil merupakan jajanan pasar Banyumas  yang terbuat dari bahan utama singkong atau lebih tepatnaya tepung kanji yang terbuat dari singkong. Singkong yang telah di rubah menjadi tepung kemudian di olah dengan cara di campur dengan air panas dan pewarna makanan kemudian di plintir sehingga membentuk lonjong dan di sajikan dengan parutan kelapa yang di campur dengan gula pasir sehingga membuat cita rasa cenil menjadi gurih kemanis-manisan.

Jenang Jaket atau wajik kletik

Jajanan khas BanyumasJenang jaket atau biasa di sebut wajik kletik ini merupakan salah satu jajanan khas Banyumas yang wajib ada pada saat acara pernikahan. Jenang jaket sendiri sebenarnya jajanan yang berbahan dasar beras ketan, karena bahan dasarnya beras ketan dan di campur dengan gula jawa, kelapa parut, serta bubuk agar-agar maka tekstur dari jenang jaket ini akan terasa kenyal dan memiliki cita rasa yang manis dan gurih.

Gesret

 

Jajanan khas BanyumasGesret merupakan jajanan khas Banyumas yang berbahan dasar singkong. Yang diolah dengan cara, singkong yang sudah di kupas dan dibersihkan terlebih dahulu lalu di gesret menggunakan alat semacam parut, namun berbeda dari parut pada umumnya. Parut yang di gunakan adalah parut khusus  yang bergerigi karena di lubangi. Sehingg pada saat di gesret singkong bisa berbentuk pipih dan panjang. Karena proses pembuatanya di gesret maka jajanan ini di namakan gesret. Biasnya di sajikan dengan taburan parutan kelapa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.