Let’s travel together.

7 Kuliner Khas Cilacap Yang Paling Populer

0 41

Kuliner khas Cilacap memang selalu menarik untuk di jadikan sebagai inspirasi berwisata kuliner. Kuliner khas cilacap beragam bentuknya mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Dan mulai dari makan yang banyak di kenal orang sampai makanan yang belum banyak di kenal orang.

Bahkan banyak sekali wisatawan yang datang dari berbagai daerah untuk mencicipi kuliner khas Cilacap. Sebagian besar wisata kuliner dari Cilacap memang tak di sediakan toko khusus penjual oleh-oleh, akan tetapi masih banyak warung warung kecil yang menyediakan beberapa kuliner khas dari Cilacap.

Kuliner khas Cilacap juga memiliki ciri khas tersendiri, sehingga membuat para wisatawan tidak akan bosan, justru membuat wisatawan ketagihan untuk selalu mencicipi lagi. Bahkan Kuliner khas Cilacap bisa di katakan sangat murah, karena dari rata-rata kuliner khas Cilacap memiliki harga yang merakyat, jadi pas untuk kalangan man apun yang ingin mencobanya.

Kuliner khas cilacap bahkan masih mempertahankan keaslianya hingga saat ini, meskipun sudah banyak masyarakat yang mulai meninggalkan kuliner khas Cilacap karena pengaruh teknologi dan modernisasi, namun tak sedikit juga pecinta kuliner khas Cilacap yang masih setia dengan Kuliner yang terbilang kuno ini.

Bahkan sebagian besar dari pecinta kuliner Cilacap rela datang dari kota-kota jauh ke Cilacap untuk dapat mencicipi kuliner kesukaan mereka. Dan inilah 7 Kuliner Khas Cilacap yang Wajib di Cicipi Wisatawan yang berkunjung ke Cilacap.

Sate Ayam Mertawi

Jika berkunjung ke Cilacap jangan lewatkan kuliner khas cilacap yang satu ini. yap, benar sekali sate ayam mertawi salah kuliner khas cilacap yang terbilang unik. Kenapa unik, karena sate ini memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran sate pada umunya, dan pada tusuknya juga unik, karena menggunakan dua tusuk sate untuk satu biji sate.

Satu porsi sate yang berisi 10 biji biasanya di bandrol dengan harga Rp. 25.000, tapi hal ini wajar karena satu porsi sate beserta nasi cukup untuk makan dua orang hingga kenyang. Selain itu rasa dari sate ini sangat lezat karena dalam pembuatanya sate ini menggunakan daging ayam pilihan lalu di baluri dengan bumbu sebelum di bakar sehingga bumbu dapat meresap secara merata pada sate. Dan hal itu membuat rasa sate menjadi lebih gurih juga empuk.

Gembus

Gembus merupakan salah satu kuliner khas Cilacap yang tradisional, jika dilihat sekilas gembus ini akan menyerupai donat putih, namun jika di perhatikan lagi atau setelah dimakan maka gembus akan jadi sangat berbeda dari donat. Dari segi rasa saja sudah berbeda, gembus memiliki rasa yang gurih renyah dan empuk saat panas sedangkan donat memiliki rasa yang manis dan empuk. Gembus juga cocok di makan menggunakan saos sedangkan donat biasanya di makan menggunakan toping yang manis.

Gembus ini termasuk makanan ringan yang di goreng dan sangat cocok di makan saat udara dingin di temani segelas teh.. Pada zaman dulu gembus ini di jadikan camilan saat menonton wayang kuli, dan calung,  tapi sekarang gembus sudah di sajikan sebagai menu hajatan masyarakat Cilacap.

Tempe Dages

Tempe dages merupakan olahan yang berbahan dasar ampas tahu yang hampir menyerupai tempe gembos. Dinamakan tempe dages karena sebelum di olah bentuknya sama seperti tempe hanya saja tidak memiliki tekstur kedelai seperti tempe. Tempe dages juga termasuk kuliner khas cilacap yang wajib di coba.  Tempe dages sendiri memiliki rasa yang lembut dan gurih, dan biasanya diolah dengan cara di tepungi seperti mendoan atau di tumis menggunakan irisan cabe dan bawang.

Tempe dages merupakan makan favorite bagi masyarakat Cilacap di bandingkan dengan kuliner khas Cilacap lain. Hal ini karena harganya yang murah sehingga dapat di nikmati oleh siapa pun. Selain itu tempe dages juga memiliki rasa yang dapat membuat siapa pun yang mencicipinya ingin nambah lagi dan lagi.

Rempeyek Yuyutuk

kuliner cirebon

Kuliner khas Cilacap yang satu ini hanya dapat di temui di Cilacap, selain namanya yang unuik bentuknya juga unik. Jika pada kebanyakan rempeyek menggunakan kacang-kacangan sebagai campuranya maka pada rempeyek yang satu ini justru menggunakan seafood (hewan yang hidup di pantai).

Yuyutuk sendiri banyak di temui di pantai selatan Cilaca, Yuyutuk  hampir memiliki kemiripan dengan kepiting yaitu memiliki cangkang keras tapi bewarna lebih kecoklatan di bandingkan dengan kepiting. Sebenarnya proses pembuatan yuyutuk juga tak jauh beda dari pembuatan rempeyek pada umunya yang membedakan hanyalah isianya.

Rempeyek yuyutuk juga memiliki rasa yang gurih dan renyah sehingga cocok di gunakan sebagai camilan. Tapi saya sarankan untuk yidak memekanya secara berlebihan karena dalam konsumsi jumlah banyak dapat membuat sakit kepala.

Martabak Alaska

Martabak alaska merupakan kuliner Khas Cilacap yang tak boleh ketinggalan untuk dicicipi ketika berkunjung ke Cilacap, sebab saya jamin kalian akan menyesal jika tidak mencicipi kuliner khas Cilacap yang satu ini.

Martabak alaska juga menyediakan beberapa jenis martabak dengan berbagai varian yang di tawarkan,  mulai dari martabak asin dan juga martabak manis. Jadi akan jauh lebih puas untuk menikmati martabak yang satu ini. Selain itu martabak alaska juga cocok untuk mengenyangkan perut karena martabak ini mempunyai toping yang cukup banyak sehingga dapat membuat penikmatnya kenyang.

Martabak Tempe

Bukan hanya unik dari namanya baham pembuatanya juga cukup unik karena kuliner khas Cilacap yang satu ini juga unik dari martabak-martabak lainya, yaitu menggunakan tambahan kacang kedelai sebagai isianya sehingga ketika di makan akan merasakan serat yang masih sangat terasa dari kedelainya.

Karena kedelainya sangat terasa seperti tempe maka dari itu martabak ini dinamakan martabak tempe, martabak ini sangat cocok di nikmati ketika masih panas di tambah dengan cabe rawit ataupun di cocol dengan sas samabal.

Lanting

Kuliner khas Cilacap yang satu ini cukup terkenal di berbagai daerah namun meskipun begitu lanting yang berasl dari Cilacap tentunya memiliki ciri khas tersendiri di banding di daerah-daerah lain.

Lanting sendiri merupakan camilan berbahan dasar singkong yang di bentuk seperti angka 8 dan di goreng, rasanya yang gurih dan renyah cocok di makan untuk cemilan. Semakin berkembangnya teknologi bahkan membuat lanting juga mengalami perubahan dari yang hanya memiliki satu rasa yaitu original kini telah memiliki beberapa rsa baru seperti keju, pedas dan juga coklat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.