Let’s travel together.

5 Makanan Khas Solo Yang Recommended Untuk Wisata Kuliner

0 24

Solo merupakan salah satu kota dengan menawarkan banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata relgi, wisata buatan dan wisata kuliner. Ngomong-ngomong tentang wisata kuliner, makanan khas Solo rasanya tak asing lagi bagi para pecinta kuliner.


Makanan khas Solo juga beragam bentuk mulai dari makanan berat hingga makanan ringanan. Solo sendiri sampai sekarang mampu mempertahankan ke murnian rasa dari makanan khasnya, sehingga banyak sekali wisatawan yang berkunjung untuk berwisata kuliner di Solo. Karena selain makanan khas Solo yang unik, rasanya juga lezat di tambah lagi makanan khas Solo masih dapat eksis sampi sekarang di tengah maraknya kuliner-kuliner modern.
Meskipun makanan khas Solo jauh dari kata modern tapi Makanan Khas Solo memiliki keunikan tersendiri bagi pecinta kuliner, sehingga masih banyak orang yang menjadikan makanan khas Solo sebagai tujuan wisata kuliner.
Nah, di artikel kali ini saya akan membhas 5 makanan khas Solo yang paling recommended

1. Timlo Solo

Timlo solo merupakan satu dari beberapa makanan khas Solo lainya yang banyak di cari wisatawan. Selain rasanya yang enak Timlo Solo juga memiliki rasa yang khas yang hanya dapat di temukan pada timlo asli dari Solo.
Timlo Solo ini merupakan makan berkuah yang berisi irisan daging ayam, potongan daging, ampela ayam, sosis Solo, mie putih (bihun), dan potongan semur telur. Sebenarnya timlo solo merupakan perpaduan antara soto dan sup yang di jadikan satu, hal ini dapat di buktikan jika di lihat dari segi kuahnya yang bening seperti sop tapi jika di rasakan akan gurih seperti kuah soto.
Selain itu makanan khas Solo yang satu ini menawarkan rasa yang enak dengan harga yang cukup murah mulai dari Rp. 7000 untuk paket hemat dan Rp.18. 000 untuk paket lengkap.

2. Selat Solo

Selain Timlo Solo Selat Solo juga salah satu makanan khas Solo yang terkenal dengan kuahnya. Bahkan saking terkenalnya Selat Solo sempat di jadikan sajian hidangan saat Raja Salman dari Arab datang berkunjung ke Indonesia. Jadi tak heran jika makanan khas Solo memang banyak peminatnya dari berbagai kalangan.
Karena harganya yang cukup bersahabat dengan semua orang yakni Rp. 10.000 untuk satu mangkuk Selat Solo, yang berisi irisan daging, telur, potongan buncis, wortel, selada, kentang dan di lengkapi dengan guyuran kuah semur.
Selat Solo sendiri konon katanya merupakan Selat yang di rombak oleh orang-orang Solo menjadi Selat solo, hal ini di karenakan lidah orang-orang Solo yang berlidah Jawa, maka di rombaklah salat menjadi Selat solo yang kini menjadi makanan khas Solo.

3. Serabi Notosuman

Makanan khas solo juga terdapat makan ringannya, seperti Serabi Notosuman ini, jadi tak perlu bingung mencari oleh-oleh khas Solo jika berkunjung. Makanan khas Solo yang satu ini dapat di gunakan sebagai alternative oleh-oleh khas Solo bagi wisatawan.
Serabi Notosuman sangatlah cocok di gunakan sebagai oleh-oleh karena selain harga nya yang cukup murah yakni hanya Rp. 2000 untuk satu buah serabi. Di tambah lagi Serabi Notosuman sekarang juga telah memiliki banyak varian rasa selain original mulai dari coklat, nangka, keju dan lainya.
Serabi Notosuman sebenarnya sama dengan serabi-serabi lainnya yaitu terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula, garam dan daun pandan. Hanya saja teksturnya berbeda dengan kue serabi dari daerah-daerah lain yakni dengan tekstur kenyal tapi lembut, dan manis legit.
Selain itu cara penyajiannya juga cukup berbeda, jika serabi pada daerah lain biasanya serabi di masukkan langsung ke dalam box maka pada Serabi Notosuman menggunakan daun pisang terlebih dahulu untuk menggulungnya.

4. Nasi Liwet

Jika mampir ke solo rasanya kurang afdhol jika belum mencicipi makanan khas Solo yang satu ini. karena nasi liwet merupakan makanan khas Solo yang paling terkenal di antara berbagai makanan khas Solo lainnya.
Untuk itu jangan lewatkan untuk mampir ke warung nasi liwet di Solo ketika berkunjung ke Solo, setelah mencoba nasi liwet Solo di jamin wisatawan akan langsung jatuh cinta dengan Solo. Nasi liwet khas Solo pada umumnya terdiri dari nasi putih gurih, potongan ayam, telur, opor, sayuran jipan, dan santan kental yang di sajikan di atas daun pisang. Dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya maka memberikan aroma tersendiri untuk menambah kelezatan nasi liwet.
Cara penyajian nasi liwet juga cukup unik yaitu dengan menggunakan pincukan dari daun pisang, untuk dapat menyantap satu porsi nasi liwet hanya perlu membayar Rp. 19.000 harga yang cukup sepadan dengan rasa yang di tawarkan.

5. Tengkleng

Tengkleng merupakan olahan berbahan dasar kambing, akan tetapi bukan dagingnya justru yang di gunakan merupakan tulang dari kambing yang masih memiliki sedikit daging yang menempel, diolah dengan menggunakan bumbu kuning dan juga air santan. Jika di lihat sekilas masakan tengkleng ini hampir mirip dengan gulai yang di sajikan dengan santan kuning yang kental.
Karena keunikannya tersebut masakan ini menjadi salah satu makanan khas Solo yang melegenda. Ketika menyantap tengkleng wisatawan akan merasakan keunikannya yakni harus memakan sedikit daging yang masih menempel di tulang. Hal ini juga sekaligus tantangan tersendiri bagi wisatawan.
Dan biasanya bagian kambing yang sering di gunakan untuk membuat tengkleng mulai dari mata, kuping, pipi, dan jerohan kambing. Untuk harga satu porsi tengkleng biasanya senilai Rp. 20.000.

Leave A Reply

Your email address will not be published.