Let’s travel together.

4 Makanan Khas Temanggung Dengan Keunikan Nama Dan Bahannya Sederhana

0 98

Temanggung – Sangat dikenal sebagai salah satu daerah jawa tengah penghasil kopi dan tembakau sebagai bahan baku pembuatan rokok. Tidak hanya itu, bahkan di temanggung juga memiliki banyak wisata-wisata yang banyak pengunjungnya termasuk dengan berwisata kuliner makanan khas temanggung yang terkenal akan nama makanannya yang unik dengan bahan yang sederhana.

Dikatakan menggunakan bahan sederhana, karena dalam pembuatan makanan khas temanggung ini tidak perlu sulit-sulit untuk mencari bahan-bahan yang diperlukan layaknya seperti resep dapur biasanya, dan untuk bahan pokoknya pun juga mudah dijangkau di warung terdekat.

Makanan khas temanggung yang akan saya bahas di artikel ini juga merupakan makanan yang biasanya dijajakan di pasar dan juga banyak pedagang asongan yang menjualnya di pinggir jalan khususnya di daerah temanggung sendiri, jadi cukup mudah jika anda ingin mencicipinya di sekitar daerah temanggung.

Untuk harga dari beberapa makanan khas temanggung sangat terjangkau, layaknya seperti makanan atau jajanan biasanya, tergantung sih membelinya dimana. Kalau membelinya di pasar atau di pinggir jalan sih biasanya murah, tapi kalau membelinya restoran atau tempat-tempat yang mahal yaa tentu harganya mahal-mahal.

Langsung saja ya dengan artikel oleh-oleh atau kuliner khas di salah satu daerah  jawa tengah yang akan saya bahas kali ini yaitu tentang  4 makanan khas temanggung dengan keunikan nama dan bahannya  sederhana.

Empis – Empis Tahu Tempe Temanggung

Makanan khas temanggung ini adalah salah satu  makanan di artikel saya ini yang memilki rasa pedas dan dapat dijadikan sebagai lauk menu makanan rumahan anda sehari-hari dan makanan ini juga terbilang unik lho namanya, yaitu empis-empis tahu tempe temanggung.

Untuk bahannya sendiri juga terbilang mudah karena menggunakan bumbu-bumbu dapur yang biasanya di masak dirumah, seperti bawang merah, bawang putih, cabe hijau, pete, tomat, daun salam, lengkuas, gula merah dan santan, juga tempe bongkrek, tahu atau bisa menggunakan bahan yang lainnya sesuai selera anda.

Nah, biasanya di restoran juga ada yang menyediakan makanan khas temanggung ini, atau lebih iritnya lagi jika anda membelinya di warung mungkin harga empis-empis tahu tempe temanggung ini lebih murah sekitar  10.000 rupiah/porsi dengah es teh.

Buntil Temanggung

Makanan yang kedua ini adalah buntil temanggung yang merupakan makanan khas temanggung yang terdiri dari sayuran seperti daun talas atau daun singkong yang di bentuk bulatan dan dimasak dengan santan kental dengan tambahan bumbu pedas, atau biasanya orang mengiranya dengan sebutan bothok.

Bentuknya saja sudah kelihatan seger, apalagi rasanya hahaha.. tak kalah lah dengan makanan bothok yang biasanya.

Buntil temanggung banyak dijual di warung terdekat di daerah temanggung dan sekitarnya, namun makanan khas temanggung ini juga sering dijajakan di pinggir jalan dengan tambahan beberapa gorengan seperti bakwan dan mendoan.

Harganya juga sangat murah. Untuk yang dijajakan di pinggir jalan biasanya sekitar 1000-2000 rupiah saja tanpa nasi, tetapi berbeda yang dijual di warung dengan nasi yaitu sampai 5000 rupiah/porsi.

Mendhut Temanggung

Nah, untuk makanan khas temanggung yang ketiga sampai keempat ini termasuk dalam kategori makanan khas temanggung yang rasanya legit dan pastinya merupakan jajanan yang banyak dijajakan di pasar, dan makanan khas ketiga ini namanya sangat unik yaitu mendhut temanggung.

Dinamakan mendhut karena bentuknya yang bulat dan rasanya yang kenyal sehingga jika dimakan rasanya seperti bola bekel ketika di lempar ke atas dan jatuh lagi seperti ndut-ndutan atau memantul.

Makanan khas temanggung yaitu mendhut temanggung ini adalah makanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan  yang di bentuk bulat kemudian di rebus, dan di beri pewarna untuk lebih mempercantik dan membuat konsep makanan khas temanggung ini jadi warna-warni.

Istimewanya lagi, makanan mendhut temanggung ini di dalam bulatan adonan tepung beras ketan tadi di isi dengan gula merah kelapa, sehingga menjadikan sensasi tekstur makanan yang khas dan legit dan di tambahkan kuah berupa santan kental yang sudah di rebus dengan daun pandan.

Dan untuk penyajiannya juga cukup menarik, karena biasanya di sajikan dengan alas daun pisang yang di bentuk kotak atau ada juga di bungkus dengan daun pisang.

Ketan Gudig Temanggung

Untuk makanan yang legit dengan nama unik dan bahannya juga cukup sederhana ini juga merupakan salah satu makanan khas temanggung lho, dan bisanya makan ini juga dijadikan sebagai pusat oleh-oleh khas temanggung bagi parawisatawan dari luar daerah. Yaa benar sekali, ketan gudig namanya.

Kelihatannya cukup menjijikkan ya namanya “gudig” itu adalah sebutan penyakit di anggota tubuh yang bisa menular. Tapi jangan salah yaa, karena ketan gudig temanggung ini dijamin enak, murah, banyak mengandung gizi.

Rata-rata bahan yang terdapat dalam pembuatan ketan gudig temanggung ini juga mengandung karbohidrat pada singkongnya,beras ketan, gula, kelapa, dan terhindar dari bumbu-bumbu atau bahan yang mengandung bahan kimia.

cukup sampai sini yaa untuk artikel tentang kuliner makanan khas temanggung yang sangat lezat dan legit ini, dan tunggu untuk artikel saya selanjutnya, sekian dan terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.