Let’s travel together.

4 Makanan Khas Kota Tegal Yang Paling Banyak Penggemar

0 8

Makanan Khas Kota Tegal– Setiap daerah pasti memiliki makan khasnya tersendiri, termasuk juga Tegal. Makanan Khas Kota Tegal pun tak kalah dari makanan kota-kota lain, bahkan Makanan Khas Kota Tegal masih mampu mempertahankan ke eksistensianya di tengah maraknya makanan modern saat ini.

Hal ini bisa di lihat dengan banyak nya penggemar yang masih bertahan dengan Makanan Khas Kota Tegal meski telah banyak tersedia makanan lain yang lebih baru di banding Makanan Khas Kota Tegal, Banyaknya penggemar Masakan Khas Kota Tegal ini di karenakan dalam proses pembuatan masih menggunakan rempah-rempah pilihan yang di olah secara khusus.

Berbicara Makanan Khas Kota Tegal sangatlah beragam, namun tak semua Makan Khas Kota Tegal yang mampu menarik minat penlanggan, untuk itu akan saya ulas beberapa Makanan Khas Kota Tegal Yang paling Banyak Penggemarnya.

Soto Tauco

Soto Tauco adalah salah satu Makanan Khas Kota Tegal yang memiliki paling banyak penggemar. Soto Tauco sebenarnya hampir sama dengan soto-soto lain, hanya saja yang membedakan adalah penambahan tauco sebagai campuran dari soto ini, tauco sendiri merupan kedelai yang telah di fermentasi bersama gula merah dan juga garam. Sehingga membuat rasa dari Soto Tauco lebih gurih.

Nama Soto Tauco sendiri di ambil karena dalam proses pembuatan soto menggunakan tauco sebagai campuran. Hal ini justru membuat daya tarik sendiri bagi pecinta kuliner, walaupun soto ini hanya di jual di Tegal, hal ini tak membuat para penggemar Soto Tauco pasrah. Banyak para penggemar Soto Tauco yang datang dari berbagai daerah hanya untuk menikmati semangkuk soto ini.

Semangkok Soto Tauco sendiri di bandrol dengan harga Rp. 15.000, tapi jika tak ingin kehabisan Soto Tauco ini akan lebih baik jika datang lebih awal. Karena pada saat makan siang biasanya warung-warung yang menjual Soto Tauco akan di banjiri dengan pembeli.

Kemronyos

Makanan khas Kota Tegal-Kemronyos merupakan sate kambing yang berbeda dari kebanyakan sate, jika pada sate-sate yang lain pada saat proses pembakaranya menggunak bumbu untuk membaluri sate, maka pada sate Kemronyos ini justru tidak menggunkan bumbu ketika membakar. Dengan begitu aroma yang di hasilkan benar-benar barasal dari kambing.

Selain itu karena daging yang digunakan berasal dari kambing muda maka tekstur sate akan terasa sanagat empuk. Untuk penyajianya biasanaya di sajikan dengan sambal kecap beserta sayur sebagai pelengkap. Sate ini juga di sajikan secara panas bersama dengan sepiring nasi hangat.

Kupat Bongkok

Makanan Khas Kota Tegal yang satu ini biasnya banyak di temui pada musim mudik,  khususnya pada saat libur lebaran karena rasanya yang enak dan gurih sehingga sangat cocok di nikmati bersama-sama keluarga saat berkumpul bersama.

Untuk rasa yang enak makanan yang satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu hanya Rp. 7000 untuk sepiring Kupat Bangkok. Sebagian besar masyarakat Tegal memang menyukai makan ini karena selain harganya terjangkau rasanya juga sangat enak.

Kupat Bangkok ini terbuat dari bahan dasar tempe yang di busukan (tempe Semangit) yang telah di olah dan di sajikan bersama potongan ketupat, sambel goreng, taoge, kecap sambel dan juga kuah dari rebusan tempe yang semakin menambah cita rasa Kupat Bongkok.

Nasi Bogana

Nasi Bogana termasuk Makanan Khas Kota Tegal yang memiliki banyak penggemar karena kelezatanya, sekilas Nasi Bogana ini akan terlihat seperti nasi rames dari segi tampilan  hingga bentuknya. Namun sebenarnya yang membedakan adalah dari segi lauknya.

Nasi Bogana sendiri terdiri dari nasi putih yang di temani dengan lauk yang bermacam-macam mulai dari kari ayam, opor ayam, telur, dendeng, oseng tempe, oseng buncis, pindang dan juga taburan serundeng. Menariknya Nasi Bogana ini di sajijkan mengguanakan daun pisang sebagai pembungkus yang membuata aromanya semakin kuat.

Seiring berjalanya waktu Nasi Bogana juga sudah menjadi menu andalan restoran-restoran bintang lima yang ada di Tegal maupun sekitar Jawa Tengah. Untuk harga tentunya akan berbeda jika pada warung makan pinggir jalan, Nasi Bogana sudah bisa di cicipi dengan harga Rp. 12000 maka pada Restoran harganaya bisa naik 5 sampai 7 kali lipat dari haraga yang di jual di warung-warung.

 Makanan khas setiap daerah memang selalu memiliki keunikan tersendiri yang selalu menarik untuk di bahas, mulai dari keunikan namanya, keunikan bentuk, dan keunikan rasanya. Di Indonesia sendiri khususnya Jawa Tengah memiliki banyak sekali makanan khas. Seperti di Tegal ini yang memiliki beberapa makanan khas yang unik serta memiliki cita rasa yang tak kalah dari makanan khas daerah lain.Itulah beberapa makanan khas Kota Tegal yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.