Let’s travel together.

4 Kategori Nama Nasi Terunik Yang Lezat Dan Sangat Populer Di Jawa Tengah

0 11

Begitu banyak makanan dan minuman yang menjadi makanan khas di Indonesia di apalagi di Jawa Tengah tak pernah kalah dengan kuliner-kuliner yang khas di daerahnya dan salah satunya adalah kuliner nasi yang di masak, di goreng sampai dengan nasi yang di bakar, dan untuk itu di jawa tengah juga terkenal akan nama nasi terunik yang namanya menjadi buruan parawisatawan kuliner.

Tak heran jika semua harus makan nasi karena nasi merupakan makanan pokok yang jika kita makan tidak pakai nasi rasanya pasti belum kenyang dan dapat menjadikan perut kita ingin di isi terus karena tidak pernah kenyang.

Dalam proses pengolahan nasi tidak hanya di masak dan di goreng melainkan juga bisa di bakar dengan bungkusan godong, gimana keren juga yaa,,

Dan macam nasi juga bermacam-macam juga nasi yang termasuk kategori nama nasi terunik dan terkenal di jawa tengah, dan macam-macam nasi juga seperti nasi uduk, nasi goreng, nasi kuning dan masih banyak lagi.

Di warung juga banyak penjual nasi yang penyajiannya juga bermacam – macam dalam setiap daerah khususnya di Negara Indonesia ini apalagi di jawa tengah juga termasuk provinsi yang memiliki berbagai macam masakan dan minuman khas yang banyak di jadikan kuliner terfavorit bagi wisatawan asing maupun lokal.

Khususnya juga ini untuk artikel saya ini juga termasuk merupakan makanan khas yang memiliki nama yang unik dan terpopuler di jawa tengah dan tentunya merupakan makanan pokok yang sering di buru wisatawan dari dalam daerah sendiri maupun luar yaitu 4 nama nasi terunik yang lezat dan populer di jawa tengah.

Kuliner Nasi Gudangan Semarang

Aneh juga namanya, waktu terdengar namanya saja udah ngerasa jijik yaa “gudang” seperti tempat penyimpanan barang saja.hahaha,, tapi gudangan itu bukan gudang ya sobat,,

Gudangan Semarang yaitu nasi yang terdiri dari beberapa sayuran yang di rebus dan di beri kelapa muda yang sudah di parut kemudian di oleni dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai dan daun jeruk purut yang sudah di haluskan.

Dan biasanya nasi ini tidak hanya di jual di warung – warung tetapi juga di hidangkan dalam acara hajatan atau sebagai isi bungkusan hajatan atau tumpeng dan biasanya juga di wajibkan dalam acara hajatan kelahiran bayi.

Dalam penyajiannya juga berbeda dengan urap yaitu terdapat rasanya yang pedas pada gudangan semarang dan tidak pedas pada urap. Dan gudangan pun biasanya di sajikan dengan telur, tempe, tahu dan ikan teri di atas alas piring yang di beri daun pisang.

Kuliner Nasi Gandhul Pati

Salah satu nasi yang merupakan makanan khas pati yang biasanya ada pada acara- acara tertentu seperti pernikahan dan khitanan.

Tapi jangan salah dulu ya dengan nama nasi gandhul pati yang berarti “gantungan”, dan bukan berarti namanya gandhul dan dalam penyajiannya di gantung di depan pembelinya.

Melainkan nasi gandhul pati ini merupakan nasi yang sangat menggoda yang di padukan daging kerbau atau sapi dengan santan yang berwarna merah dari cabe merah dan santan kental yang menjadikan aroma dan bentuknya seperti gulai.

Kuliner Nasi Grombyang Pemalang

Nasi Grombyang Pemalang ini juga merupakan kategori nama nasi terunik yang sangat menggoda. Dari namanya saja sudah terlihat menarik, “grombyang” yaitu nama lain dari “grompyang” dalam bahasa jawa.

Kenapa kok saya bilang termasuk dalam kateori nama nasi terunik dan menggoda karena nasi ini disajikan dalam sebuah mangkuk yang di campur dengan kuah yang panas seperti gulai dengan daging kerbau dan jeroan.

Nasi itu kemudian di siram dengan kuah sampai penuh sesuai mangkuknya seperti banjir akhirnya menjadikan nasinya yang grombyang – grombyang atau mengambang dalam mangkuk.

Dengan kuah yang aroma rempahnya yang khas, pelan – pelan dapat menikmati seruputan demi seruputan dalam keadaan panas ini.

Kuliner Nasi Pager Godong

Yaa, betul nasi pager namanya. Siapa sih yang tidak tahu nasi yang sangat terkenal di  Godong Purwodadi Grobogan dan nasi ini juga termasuk dalam kategori nama nasi terunik di jawa tengah.

Namanya saja sudah jelas “pager” yang berisi sayur yang di rebu, dan dulu itu sayur – sayurannya di tanam di pekarangan depan pager warga yang di rebus yang di jadikan urap dengan bumbu yang khas berbeda dari urap lainnya.

Oleh karena itu di sebut dengan “nasi pager atau sego pager.

Nasi pager atau sego pager ini biasanya di sajikan dalam bentuk pincukan atau bungkusan dari daun pisang dengan berbagai macam  gorengan seperti bakwan, mendoan, tahu susur dan rempeyek. Tetapi dengan adanya minuman segelas teh hangat atau es teh akan semakin nikmat untuk di jadikan sebagai santapan sarapan di pagi hari.

Uyyy gurih – gurih nyoi tuwenann..!!

Ayolah bagi para wisatawan yang beum mencicipi makanan yang sangat lezat ini,nyesel pokoknya kalau nggak mencicipinya.

Cukup sampai disini untuk perkenalan tentang makanan di daerah jawa tengah yang  merupakan 4 kategori nama nasi terunik dan populer yaa,, dan tunggu untuk artikel saya selanjutnya. Terimakasih!!

Leave A Reply

Your email address will not be published.