Let’s travel together.

3 Makanan Tradisional Khas Kudus

0 12

Setiap daerah pastinya memiliki makanan khas tradisional yang banyak di kunjungi masyarakat itu sendiri maupun dari luar daerah, khususnya di jawa tengah.

Banyak orang yang masih ingin memuaskan diri untuk dapat berkeliling dan menikmati perjalanan hidup di Negaranya sendiri. Khususnya untuk masalah makanan nih, tidak pernah ketinggalan bagi para wisatawan untuk dapat menyantap dan menikmati kuliner makanan khas dan oleh-oleh yang di kunjunginya.
Pastinya Untuk artikel saya kali ini akan membahas tentang 3 makanan khas tradisional di daerah kudus jawa tengah.

Garang asem


Makanan khas solo yang sering di jadikan kuliner adalah garang asem.

Garang asem merupakan makanan khas solo yang terdiri dari daging ayam yang di balut dengan bumbu asem yang terbuat dari bawang merang dan bawang putih yang di haluskan yang di tambah dengan bumbu dapur seperti jahe dan lengkuas dan irisan cabai merah.
Kemudian agar aromanya lebih lezat garang asem ini di beri tomat hijau, daun jeruk, dan belimbing wuluh untuk rasa asamnya, namun jika tidak ada belimbing wuluh bisa di ganti dengan air asam jawa.
Uniknya lagi untuk penyajian garang asem ini biasanya di sajikan dengan menggunakan piring yang di lapisi dengan daun pasang yang sudah di masak.

Soto kerbau


Banyak orang yang menjual makanan-makanan berkuah di warung terdekat dan salah satunya adalah soto. Mungkin yang anda tau, jenis soto hanyalah soto ayam, soto sapi, soto kambing yang hampir di setiap daeerah menjualnya.

Tetapi soto yang satu ini merupakan soto yang hanya ada di kudus yang berasal dari daging kerbau. Yaa,Betul sekali apalagi kalau bukan soto kerbau kudus. Soto kerbau kudus memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera dan jika anda mencicipinya di jamin bakal ketagihan di bandingkan soto yang lain karena ada tambahan bahan yang di sajikan dalam soto ini seperti mie putih, kecambah dan telur ayam.

Lentog tanjung

Tidak hanya soto kerbau dan garang asem yang menjadi salah satu makanan kuliner khas solo. Bahkan lentong tanjung pun juga merupakan makanan khas solo yang banyak di cari oleh wiasatawan. Mungkin agak kedengaran aneh ya namanya.

Bahan utama dari lentog tanjung ini adalah lontong dan nangka yang di masak dengan santan yang sangat kental agar tekstur warnanya menggoda dan rasanya lebih lezat dengan di tambah dengan bumbu-bumbu lainnya. Dalam penyajiannya, lentog tangjung ini tidak jauh berbeda dari garang asem. Karena sama-sama di sajikan di atas piring yang di beri daun pisang dan di sajikan dengan telur puyuh yang sudah di semur yang di beri tusuk seperti sate.

Leave A Reply

Your email address will not be published.