Let’s travel together.

3 Jajanan Pasar Khas Kota Jepara

0 77

Setiap kali mendengar kata Jepara mungkin sebagian besar orang akan berfikir ke Pulau Karimunjawa dan pantai-pantai lainnya. Karena pada dasarnya Jepara memang dikenal sebagai kota dengan keindahan destinasy wisata pantai dan pulau nya. Namun ternyata di Jepara sendiri tidak hanya di kenal sebagai kota dengan keindahan pulau-pulau nya. Tetapi di kota pulau tersebut juga merupakan kota dengan beberapa jajanan pasar khas di Jepara. Bahkan salah satu jajanan khas nya sudah di kenal banyak orang bahkan banyak Negara.
Bicara tentang jajanan pasar khas kota Jepara memang tak ada habis nya, karena di Jepara sendiri merupakan salah satu kota dengan pusat jajanan oleh-oleh terbanyak di Jawa Tengah. Jajanan pasar khas kota Jepara juga beragam mulai dari jajanan basah hingga jajanan kering.
Namun sebagian dari beberapa jajanan yang khas dari kota Jepara tidak jual secara khusus sebagai oleh-oleh melainkan di jual di pasar dengan skala kecil. Sehingga dikenal sebagai jajanan pasar khas kota Jepara, dan untuk wisatawan yang ingin mencicipi jajanan pasar khas kota Jepara harus rela berdesak-desakan mengunjungi pasar yang ada di kota Jepara.
Di artikel saya kali ini saya akan membahas beberapa makanan pasar khas yang ada di kota Jepara.

1.Rondo Royaljajanan khas jepara

Rondo Royal atau yang biasa di sebut monyos merupakan salah satu jajanan khas dari kota Jepara yang akan banyak di jumpai di pasar-pasar kota Jepara. Rondo Royal sendiri ikut masuk dalam kategori makanan tradisional khas kota Jepara (Jawa Tengah), jadi memang sudah banyak sekali daerah-daerah lain yang sudah mengenal Rondo Royal atau dalam daerah lain di sebut monyos.
Akan tetapi karena Rondo Royal atau Monyos ini di kenalkan pertama kali di Jepara, maka banyak orang yang mengklime bahwa Rondo Royal berasal dari Jepara. Rondo Royal sendiri sebenarnya makanan dalam bentuk gorengan yang berbahan dasar Tape, dengan gula merah sebagai isinya lalu di tepungnya dan di goreng.
Jika di lihat dari namanya maka setiap orang akan langsung mengerti bahwa gorengan yang satu ini berasal dari Jawa. Menurut namanya makanan ini termasuk unik yaitu Rondo Royal. Arti Rondo dalam bahasa Jawa merupakan “janda” dan Royal yang berarti “mewah” jadi jika di sambungkan akan berarti janda mewah. Cukup unik bukan?.
Selain itu harga untuk Rondo Royal pun sangatlah murah yaitu Rp. 500 per biji Rondo Royal. Jadi semua orang dapat membelinya. Walaupun harganya murah namun rasa yang tawarkan juga tak kalah enak dari makanan-makanan khas daerah lainnya. Rondo Royal merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar Tape Singkong yang bahan utamanya Singkong. Rondo Royal juga sangat mudah di temui di pasar-pasar Jepara Jawa Tengah atau penjual gorengan pinggir jalan.

2. Carang Madu

Jika pernah berkunjung ke Jepara saya kira tak asing lagi dengan nama jajanan pasar khas kota Jepara yang satu ini, karena jajanan khas Jepara yang satu ini bukan hanya di jual di pasar saja akan tetapi telah banyak pusat oleh-oleh di Jepara yang menjual nya secara khusus.
Penjual nya yang masih bertahan sampai sekarang yakni Ny. Leo Lan Nio dari Welahan Jepara. Ny. Leo Lan Nio tetap mempertahankan toko oleh-oleh carang madu khas Jepara miliknya meskipun carang madu tak seeksis dulu. Hal ini karena Ny. Leo Lan Nio tak ingin jika masyarakat tak lagi mengenal jajanan tradisional yang cukup unik ini. Selain Rondo Royal yang memiliki nama unik ternyata carang madu juga memiliki arti tersendiri pada nama nya yaitu carang yang berarti bambu dan madu, namanya sendiri mungkin di ambil dari segi bentuk nya yang berbentuk seperti sarang burung yang terbuat dari bambu dan madu sendiri mewakili cairan gula di atas nya.

3. Moto Belong

 Jajanan pasar khas kota Jepara yang satu ini mungkin terdengar asing dan bahkan sangat jarang di temui pada saat sekarang ini. Moto Belong sendiri memang sudah mulai punah dan bahkan anak-anak sekarang mungkin tidak mengenal jajanan khas Jepara yang satu ini.
Moto Belong merupakan salah satu jajanan tradisional kuno yang berasal dari Jepara, tapi meskipun sudah hampir punah Moto Belong ini dapat di temukan di pasar-pasar tradisional Jepara. Namun tak semua penjual makanan menyediakan Moto Belong. Selain itu Moto Belong juga memiliki arti tersendiri yang unik yaitu moto yang berarti mata sedangkan belong yang berarti melot. Hal ini di karenakan bentuk nya yang seperti mata yang sedang melotok. Tapi sebenarnya Moto Belong merupakan jajanan khas Jepara yang terbuat dari bahan dasar singkong dan pisang. Pisang direbus dan di gulung menggunakan singkong yang telah di parut dan di uleni (bisa di beri pewarna makanan sesuai selera) lalu di gulung dan di kukus penyajianya juga menarik yaitu di potong dan di taburi parutan kelapa di atasnya.
Selain nama-nama nya yang cukup unik beberapa jajanan yang khas dari kota Jepara ini merupakan salah satu budaya yang wajib kita lestarikan jadi jika berkunjung ke Jepara jangan lupa untuk mencicipi ketiga jajanan dengan nama yang unik di atas sebagai oleh-oleh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.